bunaken

bunaken
beautifuuuuuuuuul

Selasa, 22 Desember 2009

peran koperasi terhadap UMKM

UKM merupakan salah satu penopang perekonomian indonesia,koperasi diharapkan mampu membantu menguatkan ekonomi indonesia.harapan tersebut terealisasi ketika krisis multidimensi tahun 1997-1998,usaha kecil telah terbukti mampu mempertahankan kelangsungan usahanya, bahkan memainkan fungsi penyelamatan dibeberapa sub-sektor kegiatan. Fungsi penyelamatan ini segera terlihat pada sektor-sektor penyediaan kebutuhan pokok rakyat melalui produksi dan normalisasi distribusi. Bukti tersebut paling tidak telah menumbuhkan optimisme baru bagi sebagian besar orang yang menguasai sebagian kecil sumber daya akan kemampuannya untuk menjadi motor pertumbuhan bagi pemulihan ekonomi.

PERKEMBANGAN KOPERASI
Di Indonesia, jumlah UKM pada tahun 2004 tercatat 130.730 unit dan meningkat menjadi 155.301 unit pada 2008. Sedangkan jumlah volume usaha dari Rp37,65 triliun pada 2004 menjadi Rp62,25 triliun pada 2008.

dilihat dari perkembangannya mustahil ukm dapat maju tanpa adanya bantuan dari pihak lain yaitu koperasi.

koperasi berperan penting terhadap pendanaan/modal.
sebagai contoh ketika terjadi pengangguran besar-besaran,ukm menjadi salah satu pilihan. tentunya tidak semua ukm memiliki pendanaan yang cukup

pemerintah melalui koperasi membantu ukm dengan kredit-kredit ringan sehingga ketika krisis terjadi ukm tetap mampu bertahan dan menopang perekonomian indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..And the story begin..

..and the story begin..