bunaken

bunaken
beautifuuuuuuuuul

Senin, 16 April 2012

BAB 5 PELAPORAN DAN PENGUNGKAPAN


Kepentingan relatif pada pasar ekuitas dalam perekonomian nasional yang tumbuh dan investor individual menjadi lebih aktif. Sebagai hasilnya, pengungkapan public, proteksi investor, nilai pemegang saham, dan pasar modal yang terbentuk dari pengelolaan perusahaan menjadi sangat penting. Pemerintah mengatur siapa yang menjaga atau meningkatkan kredibilitas pasar modal karena mereka juga memengaruhi praktik pengungkapan di seluruh dunia.

PERKEMBANGAN DAN PENGUNGKAPAN

Standard dan praktik pengungkapan dipengaruhi oleh sumber-sumber keuangan, undang-undang, berhubungan dengan politik dan ekonomi, tingkat perkembangan ekonomi, pendidkan, budaya dan factor-faktor lainnya.

Perbedaan pengungkapan nasional sebagian besar di dorong oleh perbedaan di pengelolaan dan keuangan perusahaan. Sebagai contoh, di Amerika Serikat, Inggris Raya dan Negara Anglo-Amerika lainnya, ekuitas pasar paling berjasa dalam menyediakan keuangan bagi perusahaan dan menjadi sangat maju. Dalam semua pasar ini kepemilikan menjadi menyebar, proteksi investor sangat ditekankan. Investor dan pihak institusi memiliki peran yang berkembang, menuntut nilai pengembalian keuangan dan meningkatkan nilai pemegang saham. Pengungkapan yan telah maju terhadap masyarakat.

Berbeda dengan Prancis, Jerman, Jepang dan berbagai Negara dengan pasar yang baru muncul, pemegang saham tetap terkonsentrasi dan bank secara tradisional telah menjadi sumber keuangan utama perusahaan. Susunan ditempatkan untuk melindungi yang sedang memegang manajemen.

PENGUNGKAPAN SUKARELA

Beberapa kajian menunjukkan bahwa manajer berinisiatif untuk mengungkapkan informasi secara sukarela mengenai performa perusahaan mereka saat ini. Keuntungan dari pengungkapan ini menyangkut biaya transaksi yang lebih rendah dalam perdagangan sekuritas perusahaan, bunga yang lebih tinggi dari analis keuangan dan investor,meningkatkan likuiditas saham dan biaya modal yang lebih rendah. Denagn pandangan ini, perusahaan dianggap bisa mencapai keuntungan dalam pasar modal. Namun hal ini telah diakui oleh banyak pihak bisa menjadi mekanisme yang cacat untuk berkomunikasi dengan pihak investor luar. Ketidaksempurnaan komunikasi ini dikarenakan (1) manajer memiliki informasi kuat tentang perusahaan mereka (2) insentif manajer tidak sesuai dengan bunga dari semua pemegang saham, dan (3) peraturan akuntansi dan audit tidak sempurna.

KEBUTUHAN PENGATURAN PENGUNGKAPAN

Untuk melindungi investor, bursa sekuritas menetukan laporan dan pengungkapan kebutuhan pada perusahaan domestic yang mencari akses untuk pasar mereka. Semua bursa memastikan bahwa investor cukup mendapat informasi untuk memperbolehkan mereka mengevaluasi kinerja dan dan prospek perusahaan.

Frost dan Lang membahas dua objek investor berorientasi pasar, yaitu:

· Proteksi Investor

Investor dijamin dengan informasi dan dilindungi dengan pelaksanaan dan pengawasan peraturan pasar. Kecurangan mencegah adanya penawaran public, perdagangan, pemilihan dan sekuritas penawaran.

· Kualitas Pasar

Pasar adalah adil, tersusun, efisien, dan bebas dari penyalahgunaan dan perbuatan jahat.

Frost dan Lang juga mengulas empat prinsip pada investor yang berorientasi pasar yang harus dijalankan, yaitu:

1) Keefektifan biaya.

2) Fleksibilitas dan kebebasan pasar.

3) Laporan keuangan transparan dan pengungkapan menyeluruh.

4) Perlakuan setara perusahaan domestic dan asing.

PEMBAHASAN LAPORAN KEUANGAN SEC AMERIKA SERIKAT

SEC secara umum mewajibkan pendaftar asing untuk melengkapi informasi keuangan yang pada hakikatnya sama dengan yang dibutuhkan perusahaan domestic.

Syarat laporan SEC secara umum konsisten dengan sasaran proteksi investor dan kualitas pasar. Akan tetapi, kebutuhan laporan yang kuat mungkin merahin tujuan proteksi investor pada kesempatan mengurangi biaya investasi modal atau mengesankan biaya transaksi tinggi dalam berinvestasi.

PRAKTIK PELAPORAN DAN PENGUNGKAPAN

1. PENGUNGKAPAN INFORMASI PROGRESIF

Pengungkapan informasi progresif adalah pertimbangan tinggi yang relevan di dalam kesetaraan pasar dunia. SEbagai contoh S-K SEC mewajibkan perusahaan-perusahaan untuk memperlihatkan informasi terkini yang secara material akan berimbas pada likuiditas di masa datang.

Istilah informasi progresif meliputi (1) Perkiraan pendapatan, laba (rugi), arus kas, pengeluaran modal dan hal-hal keuangan lainnya. (2) Tujuan informasi mengenai kinerja dan posisi ekonomi di masa depan yang tidak menentu daripada perkiraan menyangkut ptoyek, periode fiscal, dan proyeksi jumlah. (3) Laporan program dan sasaran manajemen untuk usaha masa depan. Pengungkapan progresif berangakat dari perkiraan, informasi potensial, sasaran dan tujuan. Tujuan adalah untuk menilai pendapatan dan arus kas di masa datang.

2. PENGUNGKAPAN SEGMEN

Pengungkapan segmen lebih membantu pengguna laporan keuangan untuk memahami bagaimana bagian-bagian perusahaan menata semuanya. Investor dan analis menuntut informasi hasil perusahaan industry dari segmen geografis usaha dan keuangan signifikan dan berkembang.

3. PELAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL

Laporan pertanggungjawaban sosial mengacu pada pengukuran dan komunikasi informasi tentang pengaruh perusahaan terhadap kemakmuran pegawai, komunitas sosial dan lingkungan.

Informasi mengenai kesejahteraan pegawai menyangkut hal-hal: kondisi pekerjaan; keamanan bekerja;kesempatan yang sama; aneka ragam pekerjaan; dan buruh anak-anak. Pengungkapan pegawai memicu ketrtarikan investor dimana mereka memberikan pengetahuan tentang hunbungan buruh pabrik,biaya dan produktivitas.

PENGUNGKAPAN KHUSUS BAGI PENGGUNA LAPORAN KEUANGAN NON-DOMESTIK DAN PRINSIP AKUNTANSI YANG DIGUNAKAN

Laporan tahunan bisa meliputi pengungkapan khusus untuk mengakomodasi pengguna laporan keuangan non-domestik Pengungkapan meliputi:

1) “laporan ulang yang mudah” tentang informasi keuangan ke dalam mata uang asing.

2) pembahasan perbedaan antara prinsip akuntansi yang digunakan dalam laporan keuangan utama dan beberapa ketetapan prinsip akuntansi lainnya.

3) posisi dan laporan keuangan ulang terbatas di ketetapan standar akuntansi yang kedua.

4) sebuah laporan keuangan lengkap disiapkan yang berhubungan dengan ketetapan prinsip akuntansi kedua.

PENGUNGKAPAN PENGELOLAAN PERUSAHAAN

Pengelolaan perusahaan berhubungan dengan sarana internal di mana perusahaan dijalankan atau dikendalikan-tanggungjawab, akuntabilitas, hubungan di antara pemegang saham, anggota direksi, dan manajer yang disusun supaya mencapai pemegang saham, anggota direksi dan manajer yang disusun dupaya mencapai sasaran perusahaan.

Empat komponen dari rancangan kerja menurut Dallas, yaitu:

1) Infrastruktur pasar mencakup pola kepemilikan,tingkatan di mana perusahaan terdaftar secara umum,hak-hak kepemilikan,pasar untuk kendali korporasi,struktur dewan.

2) Lingkungan hokum meliputi system hokum dan hak-hak pemegang saham/penyokong dana,ketetapan perusahaan/sekuritas.

3) Lingkungan peraturan. Agen pengaturan bertanggung jawab atas pengaturan pasar agar sesuai dengan aturan dan hukum yang ada sehingga memperkuat pengungkapan publik.

4) Infrastruktur informasi. Apakah hasil laporan keuangan akurat, lengkap dan tepat waktu.

PENGUNGKAPAN DAN LAPORAN BISNIS DI INTERNET

World wide web digunakan sebagai ruang penyebaran informasi dll. Web juga bisa digunakan untuk penyebaran informasi interaktif yang tidak serupa dengan media cetak. Sebuah perkembangan penting yang akan memfasilitasi pelaporan bisnis melalui Web adalah eXtensible Business Reporting Language (XBRL). XBRL adalah sebuah system penamaan informasi atau data. Pengelompokkan XBRL telah dikembangkan untuk GAAP Amerika Serikat dan Jerman serta IFRS, yang mampu membuat persiapan laporan keuangan sesuai dengan semua standar akuntansi.

PENGUNGKAPAN LAPORAN TAHUNAN DI NEGARA-NEGARA DENGAN PASAR BARU MUNCUL

Pengungkapan dalam laporan tahunan perusahaan dari negara dengan pasar baru muncul biasanya kurang luas dan kurang dapat dipercaya daripada semua perusahaan dari negara berkembang. Level pengungkapan yang rendah di negara dengan pasar yang baru muncul konsisten dengan system pemerintahan dan keuangan perusahaan mereka. Ekuitas pasar dan tidak berkembang dengan baik dan pada umumnya hanya ada sedikit tuntutan untuk bisa dipercaya, pengngkapan kepada public yang tepat waktu dari pada lebih mengembangkan ekonomi.

IMPLIKASI BAGI PENGGUNA LAPORAN KEUANGAN DAN MANAJER

Pengguna laporan keuangan mengharapkan pengungkapan yang luas sedangkan para manajer masih terpaku dengan biaya pengungkapan dll. Manajer dinegara dengan tradisi pengungkapan yang rendah harus memahami apakah pemakaian kebijakan yang mempertinggi pengungkapan bisa memberikan keuntungan yang signifikan untuk perusahaan mereka. Manajer yang memutuskan untuk mempertinggi pengungkapan di area investor dan analisis yang dianggap penting, seperti segmen dan rekonsiliasi pengungkapan, bisa mendatangkan keuntungan yang kompetitif dengan keterbatasan pengungkapan yang ada.

Sumber : Choi, Frederick D. S. dan Gary K. Meek. International Accounting. Buku 1 Edisi 6.2010: Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..And the story begin..

..and the story begin..